Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama
Sekolah : SD Negeri
Medani 02
Kelas/ Semester : 4 (empat) /
1
Tema : 4
Subtema : 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya dir dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
Dasar
IPA
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan
sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan
memanfaatkan teknologi tersebut
Matematika
3.9 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
C.
Indikator Pencapaian
- Menyajikan laporan tentang teknologi pengolahan
pembuatan pensil
-Menjelaskan konsep luas segitiga
melalui kegiatan analisa dan bereksploras
D.
Tujuan Pembelajaran
- Setelah menganalisa teks yang diberikan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang proses pembuatan pensil dengan benar.
-Setelah
kegiatan bereksplorasi, siswa mampu menyimpulkan cara menghitung luas
segitiga dengan benar.
E.
Materi Ajar
1.
Langkah-langkah pembuatan pensil
2.
Keliling dan Luas segitiga
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : ceramah, tanya jawab, penugasan
G. Media
dan Sumber Pembelajaran
·
Media Pembelajaran
1.
Power Point
2.
Papan tulis
·
Sumber Pembelajaran
1.
BSE dan Buku Guru Tema 4 “Berbagai
pekerjaan”, Subtema 2 “Barang dan jasa”
Kurikulum 2013, hal. 52
2.
BSE dan Buku Siswa Tema 4 “Berbagai
ppekerjaan”, Subtema 2 “Barang dan jasa” Kurikuum 2013, hal. 45
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
berdo’a bersama sebelum pelajaran
2. Siswa
melakukan presensi
Apersepsi
3. Guru
memeriksa kembali pengetahuan siswa
tentang jenis-jenis pekerjaan yang telah diketahui siswa pada kegiatan
sebelumnya.
4. Guru
memberikan pertanyaan pembuka yang berhubungan dengan pekerjaan seperti:
a. Aku
adalah sebuah pekerjaan
b. Aku
memakai seragam yang umumnya berwarna putih.
c. Tugasku
mengobati orang sakit
d. Pekerjaan
apakah yang dimaksud?
5. Untuk
pertanyaan jenis pekerjaan lain guru dapat meminta siswa untuk memberikan
pertanyaan kepada teman lain seperti yang telah dilakukan guru sebelumnya.
Motivasi
6. Siswa
memperhatikan informasi dari guru, bahwa apapun pekerjaan atau profesi yang
dilakukan orang lain harus kita hargai.
|
Inti
|
1. Siswa mengamati teks tentang pembuatan
pensil yang diberikan oleh guru dengan Powerpoint.(mengamati)
2. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
3. Siswa diberikan kesempatan berdiskusi
dengan teman sebangkunya untuk membuat laporan hasil diskusi sambil
memperhatikan Powerpoint.
4. Siswa menyebutkan bersama-sama dengan menuliskan
langkah-langkah membuat pensil dengan runtun(menalar)
5. Siswa memperhatikan apa yang dijelaskan
guru dipapan tulis.
6. Siswa diajak untuk mengetahui cara
menemukan rumus luas segitiga.
7. guru membimbing siswa agar dapat
memahami konsep luas segitiga dengan melakukan langkah-langkah kegiatan
bersama-sama.
8. guru dapat mengonfirmasi setiap langkah
yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa untuk
memastikan pemahaman semua siswa benar dan utuh.
9. Guru memberikan tindak lanjut pemahaman
dengan memberikan tugas soal mengenai materi.
10. Siswa
bertanya mengenai hal yang belum dipahami
11. Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari bersama guru
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan penegasan dan penguatan mengenai materi yang telah dipelajari
2. Guru
memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah.
3. Guru
memberikan pesan moral kepada siswa
4. Guru
mengucapkan salam penutup
|
I. Kriteria penilaian
1.
Pengetahuan (tes tertulis)
Instrument soal:
|
|
2.
Penilaian
observasi (periksa produk proses pembuatan pensil) (IPA)
No.
|
Kriteria Terlihat
|
Terlihat (√)
(4)
|
Belum Terlihat(√)
(1)
|
1
|
Siswa sudah dapat
menuliskan proses pembuatan pensil
dengan
runtut
|
Siswa menyebutkan semua proses pembuatan pensil dengan benar dan
lancar
|
Siswa menyebutkan sebagian proses pembuatan pensil dengan benar
|
2
|
Siswa
mampu menyebutkan proses
pembuatan pensil
|
Siswa dapat menyebutkan 3 langkah pembuatan pensil
|
Siswa dapat menyebutkan 1 langkah pembuatan pensil
|
3
|
Siswa
mampu meyebutkan jumlah langkah pembuatan pensil
|
Siswa mampu menyebutkan jumlah langkah pembuatan pensil
|
Siswa menyebutkan jumlah langkah
pembuatan pensil
|
Skor Maksimal
|
12
|
||
|
|
3.
Penilaian Sikap
Nilai
Karakter yang Dikembangkan
|
Indikator
|
Tertib
|
·
Siswa masuk kelas
tepat waktu
·
Siswa memperhatikan
saat guru menerangkan pelajaran
·
Siswa memakai seragam
sesuai hari dan peraturan yang ditentukan
|
Percaya Diri
|
·
Siswa berani
mengungkapkan pendapat.
·
Siswa berani bertanya
kepada guru maupun kepada siswa lain.
·
Siswa berani
menyajikan hasil laporan
di depan kelas.
·
Siswa berani menyampaikan hasil laporan didepan kelas
|
Kerja Sama
|
·
Siswa membantu
mengerjakan tugas kelompok membuat
hasil laporan
|
LEMBAR PENGAMATAN
Hari : Senin,
Nilai Karakter yang Dikembangkan : Cinta Lingkungan, Rasa
Ingin Tahu dan Teliti
No.
|
Nama Siswa
|
Tertib
|
Percaya diri
|
Kerja sama
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aulia
|
||||||||||||
2.
|
Fahmi
|
||||||||||||
3.
|
Safi’i
|
||||||||||||
Catatan: guru memberikan tanda (v) pada setiap kriteria
sesuai dengan nilai criteria yang muncul dari siswa
Keterangan:
1.
Tertib
Skor
1 : Belum Terlihat,
Siswa
masih masuk terlambat, tidak mengenakan seragam sesuai peraturan dan mengobrol
sendiri saat guru menerangkan
Skor 2 :
Mulai Terlihat ,
Siswa mengenakan seragam sesuai aturan tetapi masuk
terlambat dan kadang-kadang mengorol sendiri
Skor 3:
Mulai Berkembang,
Siswa datang tepat waktu, mengenakan seragam sesuai
aturan dan sudah mulai memperhatikan guru saat pembelajaran
Skor 4: Sudah
Membudaya,
Siswa
datang sebelum bel berbunyi, mengenakan seragam sesuai aturan dan memperhatikan
guru yang sedang menyampaikan pembelajaran.
2. Percaya Diri
Skor
1 : Belum Terlihat,
Siswa
masih diam saat diminta berpendapat, menyajikan hasil laporan tetapi berani bertanya
kepada teman dan guru saat mengalami kesulitan
Skor 2 :
Mulai Terlihat ,
Siswa mengenakan seragam sesuai aturan tetapi masuk
terlambat dan kadang-kadang mengorol sendiri
Skor 3:
Mulai Berkembang,
Siswa datang tepat waktu, mengenakan seragam sesuai
aturan dan sudah mulai memperhatikan guru saat pembelajaran
Skor 4 : Sudah Membudaya,
Siswa
datang sebelum bel berbunyi, mengenakan seragam sesuai aturan dan memperhatikan
guru yang sedang menyampaikan pembelajaran.
3. Kerjasama
Skor
1: Belum
Terlihat,
Siswa
tidak mau membantu mengerjakan tugas kelompok membuat laporan dan memilih bermain dengan teman
lainnya.
Skor 2 :
Mulai Terlihat ,
Siswa ikut berkelompok membantu sebagian tugas membuat laporan tetapi tidak sampai selesai
Skor 3 :
Mulai Berkembang,
Siswa ikut menyelesaikan sebagian tugas membuat laporan dan berkelompok
sampai selesai
Skor 4 :
Sudah Membudaya,
Siswa
bersemangat untuk berkelompok membuat
laporan sampai selesai
Semarang, 08 Oktober 2014
Mengetahui.
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
(..................) (Mega
Wahyuningsih)



Tidak ada komentar:
Posting Komentar