MULTIPLE INTELLIGENCES
(Howard Gardner)
ü Asumsi dasar:
o
Mendasarkan pada kemampuan
berbagai bidang dalam kehidupan manusia (tidak secara intelektual saja).
o
Terdiri dari kecerdasan
akademik (kecerdasan linguistik, logis-matematis, visual-spasial), musikal, kinestetik
jasmani, kecerdasan emosi (interpersonal, intrapersonal), kecerdasan natural /
alam, dan kecerdasan spiritual / eksistensial.
o
Kesuksesan atau prestasi
seseorang tidak ditentukan oleh struktur intelektualnya saja (melainkan pada
kecerdasan lain yang dimiliki).
o
Memungkinkan bakat-bakat
tertentu pada seseorang. Bukti : ada orang yang berbakat pada 1 bidang tetapi
tidak berbakat di bidang lain.
o
Kerusakan otak tidak
selamanya berpengaruh terhadap kemampuan-kemampuan yang lain. Contoh autis dan
alzeimer, sebagai bukti adalah pada kasus Nadia (anak autis) walau menderita
autis tetap mampu membuat lukisan dengan ketepatan dan kecerdikan dengan level
tinggi.
ü Jenis-jenis Kecerdasan:
1. Kecerdasan verbal-lingusitik
Ø Berkaitan dengan kepandaian membaca, menulis,
bahasa, dan berbicara.
Ø Mudah menyampaikan gagasan atau ide
Ø Oprah Winfray dan Barrack Obama adalah
contohnya.
2. Kecerdasan Numerik (Logis-Matematis)
Ø
Menangkap
serta mengolah data atau angka
Ø
Mampu
membaca angka sama jelasnya dengan membaca huruf
Ø
Mampu
berpikir dalam perencanaan logis dengan angka-angka
3. Kecerdasan Ruang (Visual-Spasial)
Ø
Kemampuan
menangkap bentuk, warna, pola, ruang, dan desain
Ø
Mudah
mengenali arah angin dan tidak mudah tersesat
Ø
Memiliki
kepekaan mengenai bentuk-bentuk yang akan menjadi tren
4. Kecerdasan Naturalis (Alam)
Ø
Berkaitan
dengan alam atau lingkungan sekitar
Ø
Minat
kuat terhadap tumbuhan atau hewan di sekitar
5. Kecerdasan Musikal (Kesenian)
Ø
Berkaitan
dengan suara, nada, ritme, irama, dan segala bentuk keindahan
Ø
Mampu
menangkap selera public
Ø
Biasanya
akan meraih sukses besar bila berkarir di bidang seni music dan suara
Ø
Ahmad
Dhani, dan para seniman lainnya.
6. Kecerdasan fisik (Kinestetik)
Ø
Kepandaian
mengolah tubuh dengan baik, refleks tubuh, dan kelenturan
Ø
Biasanya
sukses bila berkarir di bidang olahraga atau yang mengandalkan fisik
Ø
Beckham,
Messi, dsb
7. Kecerdasan Interpersonal
Ø
Berkaitan
relasi dengan orang lain
Ø
Mampu
memahami orla
Ø
Biasanya
banyak teman, dan disukai banyak teman, mampu menjaga hubungan dengan orla
8. Kecerdasan Intrapersonal
Ø Mengelola diri sendiri
TABEL SPESIFIKASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP PEMBELAJARAN
|
MULTIPLE INTELLIGENCES
|
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
KEBUTUHAN
|
WAKTU
|
Pencair suasana
|
Verbal linguistik,Musikal, Kinestetik
|
§
Anak-anak dijak menyanyi
terlebih dahulu,
§
kemudian guru menunjuk
beberapa siswa untuk bermain peran
berbagai profesi pekerjaan
|
5 menit
|
||
Eksperiense
|
1.Kesenian, Kinestetik
2.Kecerdasan Verbal-linguistik
3.Kecerdasan verbal linguistik dan musikal
4.Kecerdasan Visual-Spasial
5.Kecerdasan Verbal linguistik
|
1.Anak dapat menyanyikan lagu dengan memegang bagian
tubuh yang dinyanikan
2.Anak dapat mengucapkan bunyi bahasa dengan baik dan
benar
3.Anak dapat menebak lalu menirukan suara yang
didengar
4. Anak-anak menjiplak beberapa gambar yang ada
5.Anak dapat memperkenalkan dan menyebutkan 3 sifat
baik teman atau kelompok
|
1.Anak diisuruh berdiri dan menyanyikan lagu “Pundak
lutut kaki” dengan memegang bagian tubuh secara bersama-sama
2.Melafalkan bunyi alphabet yang di tunjuk oleh guru dan siswa di suruh
menirukanya.
3.Anak menebak suara hewan yang diputarkan oleh guru
4.Anak menirukan gambar bangun ruang yang diberikan
oleh guru
5. Anak memperkenalkan temanya dan menyebutkan 3
sifat baiknya sesuai yang di tunjuk oleh guru
|
Gambar-gambar huruf alphabet, rekaman suara,
gambar-gambar hewan
|
5 menit
+ 5 menit
+ 5 menit
10 menit
5 menit
|
6.Kecerdasan verbal linguistik
|
6.Anak dapat memperkenalkan dan menyebutkan 3 sifat
baik teman
|
6.Anak memperkenalkan temanya dan menyebutkan 3 sifat
baik sesuai yang di tunjuk oleh guru
|
5 menit
|
||
Refleksi
|
Verbal- linguistik
|
Anak mengetahui cara komunikasi yang baik terhadap
orang lain
|
Guru menanyakan bagaimana kesan setelah
memerankan berbagai profesi
|
Gambar berbagai jenis profesi pekerjaan
|
10 menit
|
Kesimpulan
|
Verbal-limguistik
|
Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan
komunikasi kita dapat memperoleh informasi
|
Menjelaskan unsur-unsur komunikasi yang terdiri dari 3 unsur yaitu:Pengirim pesan (komunikator), Penerima pesan (komunikan), dan Pesan itu sendiri.
|
Gambar orang yang sedang berkomunikasi
|
5 menit
|
Aplikasi
|
Verbal-linguistik,
|
Anak mampu mempraktekkan komunikasi di kehidupan
sehari-hari
|
Guru memberikan motivasi kepada muridnya tentang
suatu profesi pekerjaan, misalnya
profesi dokter. Bahwa seorang dokter memiliki etika dan sopan santun
sebagaimana profesinya
|
Gambar berbagai jenis profesi pekerjaan
|
+ 10 menit
|
Mengetahui,
KepalaSekolah Guru
kelas
(..........................) (Mega
Wahyuningsih)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar