Minggu, 12 Oktober 2014

Multiple intelligence

MULTIPLE INTELLIGENCES
(Howard Gardner)

ü Asumsi dasar:
o   Mendasarkan pada kemampuan berbagai bidang dalam kehidupan manusia (tidak secara intelektual saja).
o   Terdiri dari kecerdasan akademik (kecerdasan linguistik, logis-matematis, visual-spasial), musikal, kinestetik jasmani, kecerdasan emosi (interpersonal, intrapersonal), kecerdasan natural / alam, dan kecerdasan spiritual / eksistensial.
o   Kesuksesan atau prestasi seseorang tidak ditentukan oleh struktur intelektualnya saja (melainkan pada kecerdasan lain yang dimiliki).
o   Memungkinkan bakat-bakat tertentu pada seseorang. Bukti : ada orang yang berbakat pada 1 bidang tetapi tidak berbakat di bidang lain.
o   Kerusakan otak tidak selamanya berpengaruh terhadap kemampuan-kemampuan yang lain. Contoh autis dan alzeimer, sebagai bukti adalah pada kasus Nadia (anak autis) walau menderita autis tetap mampu membuat lukisan dengan ketepatan dan kecerdikan dengan level tinggi.

ü  Jenis-jenis Kecerdasan:
1.    Kecerdasan verbal-lingusitik
Ø  Berkaitan dengan kepandaian membaca, menulis, bahasa, dan berbicara.
Ø  Mudah menyampaikan gagasan atau ide
Ø  Oprah Winfray dan Barrack Obama adalah contohnya.
2.    Kecerdasan Numerik (Logis-Matematis)
Ø  Menangkap serta mengolah data atau angka
Ø  Mampu membaca angka sama jelasnya dengan membaca huruf
Ø  Mampu berpikir dalam perencanaan logis dengan angka-angka

3.    Kecerdasan Ruang (Visual-Spasial)
Ø  Kemampuan menangkap bentuk, warna, pola, ruang, dan desain
Ø  Mudah mengenali arah angin dan tidak mudah tersesat
Ø  Memiliki kepekaan mengenai bentuk-bentuk yang akan menjadi tren
                                                                                                 
4.    Kecerdasan Naturalis (Alam)
Ø  Berkaitan dengan alam atau lingkungan sekitar
Ø  Minat kuat terhadap tumbuhan atau hewan di sekitar

5.    Kecerdasan Musikal (Kesenian)
Ø  Berkaitan dengan suara, nada, ritme, irama, dan segala bentuk keindahan
Ø  Mampu menangkap selera public
Ø  Biasanya akan meraih sukses besar bila berkarir di bidang seni music dan suara
Ø  Ahmad Dhani, dan para seniman lainnya.


6.    Kecerdasan fisik (Kinestetik)
Ø  Kepandaian mengolah tubuh dengan baik, refleks tubuh, dan kelenturan
Ø  Biasanya sukses bila berkarir di bidang olahraga atau yang mengandalkan fisik
Ø  Beckham, Messi, dsb

7.    Kecerdasan Interpersonal
Ø  Berkaitan relasi dengan orang lain
Ø  Mampu memahami orla
Ø  Biasanya banyak teman, dan disukai banyak teman, mampu menjaga hubungan dengan orla

8.    Kecerdasan Intrapersonal

Ø  Mengelola diri sendiri

TABEL SPESIFIKASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP PEMBELAJARAN
MULTIPLE INTELLIGENCES
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEBUTUHAN
WAKTU
Pencair suasana
Verbal linguistik,Musikal, Kinestetik

§  Anak-anak dijak menyanyi terlebih dahulu,
§  kemudian guru menunjuk beberapa siswa untuk bermain  peran berbagai profesi pekerjaan

5 menit
Eksperiense
1.Kesenian, Kinestetik







2.Kecerdasan Verbal-linguistik




3.Kecerdasan verbal linguistik dan musikal



4.Kecerdasan Visual-Spasial





5.Kecerdasan Verbal linguistik



1.Anak dapat menyanyikan lagu dengan memegang bagian tubuh yang dinyanikan


2.Anak dapat mengucapkan bunyi bahasa dengan baik dan benar


3.Anak dapat menebak lalu menirukan suara yang didengar

4. Anak-anak menjiplak beberapa gambar yang ada


5.Anak dapat memperkenalkan dan menyebutkan 3 sifat baik teman atau kelompok
1.Anak diisuruh berdiri dan menyanyikan lagu “Pundak lutut kaki” dengan memegang bagian tubuh secara bersama-sama

2.Melafalkan bunyi alphabet  yang di tunjuk oleh guru dan siswa di suruh menirukanya.


3.Anak menebak suara hewan yang diputarkan oleh guru


4.Anak menirukan gambar bangun ruang yang diberikan oleh guru



5. Anak memperkenalkan temanya dan menyebutkan 3 sifat baiknya sesuai yang di tunjuk oleh guru
Gambar-gambar huruf alphabet, rekaman suara, gambar-gambar hewan
5 menit








+  5 menit






+ 5 menit





10 menit






5 menit







6.Kecerdasan verbal linguistik
6.Anak dapat memperkenalkan dan menyebutkan 3 sifat baik teman
6.Anak memperkenalkan temanya dan menyebutkan 3 sifat baik sesuai yang di tunjuk oleh guru

5 menit

Refleksi

Verbal- linguistik

Anak mengetahui cara komunikasi yang baik terhadap orang lain

Guru menanyakan bagaimana kesan setelah memerankan  berbagai profesi

Gambar berbagai jenis profesi pekerjaan

10 menit
Kesimpulan
Verbal-limguistik











Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan komunikasi kita dapat memperoleh informasi
Menjelaskan unsur-unsur komunikasi yang  terdiri dari 3 unsur yaitu:Pengirim pesan (komunikator), Penerima pesan (komunikan), dan  Pesan itu sendiri.

Gambar orang yang sedang berkomunikasi
5 menit
Aplikasi
Verbal-linguistik,
Anak mampu mempraktekkan komunikasi di kehidupan sehari-hari
Guru memberikan motivasi kepada muridnya tentang suatu profesi  pekerjaan, misalnya profesi dokter. Bahwa seorang dokter memiliki etika dan sopan santun sebagaimana profesinya 
Gambar berbagai jenis profesi pekerjaan
+ 10 menit

Mengetahui,
KepalaSekolah                                                                                                      Guru kelas

(..........................)                                                                                      (Mega Wahyuningsih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar